CIANJUR, [KC].- H. Herman Suherman menaruh perhatian kepada seni dan budaya Cianjur. Herman mengaku, seni dan budaya Cianjur merupakan warisan leluhur yang harus tetap hidup dan lestari seiring dengan kemajuan daerah.
"Peningkatan seni dan budaya Cianjur akan berdampak kepada kemajuan Cianjur," kata Herman yang merupakan calon wakil bupati berpasangan dengan Irvan Rivano Muchtar yang disusung koalisi partaai Golkar, PKB dan PBB seusai meninjau kegiatan festival budaya di Cianjur, Jumat (8/21/2015).
Menurut Kang Herman, panggilan akraabnya, berdasarkan catatannya, seni dan budaya cukup banyak. Bahkan, jumlahnya mencapai ratusan jika digabungkan dengan seni non pertunjukan. "Seni non pertunjukan seperti seni griya dan seni rupa. Seni yang hampir punah juga ada di Cianjur," katanya.
Adapun faktor penyebab hampir punahnya seni budaya paling tidak berdasarkan tiga indikator yakni, regerasi tidak berjalan dengan mulus, frekuensi pegelarannya semakin jarang, dan semakin ditinggalkan masyarakat . Padahal, sebagai penikmat dan pendukung hidupnya seni budaya, peran masyarakat sangat dominan. Faktor lain adalah peralatan yang digunakan untuk pagelaran seni budaya sangat minim.
"Kalau masyarakat tidak peduli, maka seni dan budaya akan mati sendirinya," katanya.
Oleh karena itu, menurutnya, upaya pencegahan mutlak harus dilakukan. Caranya dengan mewariskan kepada generasi muda. Tokoh budaya didorong agar melakukan kegiatan seni dengan melibatkan generasi muda untuk melanjutkan keterampilan dan wawasan seni budaya.
"Tokoh seni budaya yang sudah tua diberikan peluang untuk mendidik keluarga atau orang terdekat agar dapat diwariskan kepada anak muda," jelasnya.
Tak hanya itu, fasilitas dan anggaran merupakan hal penting untuk menghidupkan kembali seni budaya yang mati suri. Kemudian, keterlibatkan para ahli baik dari akademisi maupun seniman dan pakar untuk merevitalisasi seni yang terdapat seni dan budaya dianggap hampir punah. Semakin sering seni dan budaya digelar, maka peluang untuk hidup kembali akan semakin besar.
"Kami sudah merancang dengan Irvan Rivano Muchtar untuk menyiapkan anggaran peningkatan budaya Cianjur, jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati lima tahun mendatang," paparmya [KC-02/dak]**

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.