CIANJUR, [KC],-  Sedikitnya 12 calon jamaah haji asal Kabupaten Cianjur yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 10 terancam tertunda keberangkatannya. Pasalnya beberapa jam sebelum diberangkatkan, visa ke 12 calon jamaah haji tersebut belum ditangan mereka. Padahal direncanakan pada Senin (24/8/2015) sekitar pukul 20.30 WIB ke 12 calon jamaah haji yang tergabung dalam 444 jamah lainnya akan diberangkatkan.

Kondisi tersebut diakui oleh Kepala Seksi (Kasi) Urusan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Cianjur Abdul Rouf. Pihaknya mengakui visa untuk ke 12 calon jamaah haji tesebut belum ada kepastianya. Padahal semua dokumen termasuk paspor sudah sampai di kedutaan.

"Masih ada 12 jamaah yang visinya belum keluar. Saat ini masih dalam proses, mudah-mudahan saja bisa kelar sebelum mereka berangkat.Kalaupun belum juga selesai, terpaksa harus tertunda keberangkatannya di kloter 10. Tapi yang bersangkutan masih bisa berangkat pada kloter berikutnya kalau visanya keluar setelah kloter mereka telah diberangkatkan," kata Abdul Rouf saat ditemui diruang kerjanya, Senin (24/8/2015).

Menurut Abdul Rouf, persoalan visi bukan hanya menjadi masalah Cianjur, tapi sudah menjadi masalah nasional. Proses untuk mendapatkan visa tahun ini diakuinya cukup panjang, hal itu tidak terlepas adanya sistem e-haji yang memberlakukan sistemnya berdasarkan data online.

"Sekarang itu sudah berlaku elektronik haji. Jadi untuk entry dan validasi datanya harus benar-benar valid, tidak boleh ada kesalahan. Itupun bisa dilakukan secara online. Ini cukup berimbas pada masalah penerbitan visa," paparnya.

Pihaknya meyakini, bagi calon jamaah haji yang hingga kini belum mengantongi visa haji akan semuanya mendapatkan. Hal itu jika merunut data awal bahwa untuk kloter 10 jumlah calon jamaah haji yang belum mengantongi visa sempat ,emcapai 150 jamaah. Dari jumlah tersebut terus menyusut, pada Rabu (19/8) pekan lalu, ada 40 visa yang turun. Kemudian, pada Sabtu (22/8) lalu, ada 62 visa turun lagi disusul kemudian pada Minggu dini hari kemarin, 36 visa sudah diterima para jamaah.

"Makanya sampai dengan Minggu itu tiggal 12 calhaj yang belum. Kabarnya hari ini ada lagi visa yang turun tapi saya belum cek informasinya," tutur Rouf tanpa mau merinci nama-nama calon jamaah haji yang belum mengantongi visa dari kloter 10.

Dikatakan Abdul Rouf, pada musim haji tahun ini  jumlah calon jamaah haji dari Kabupaten Cianjur yang akan berangkat mencapai 1.061 jamaah. Mereka semua terbagi dalam tiga kloter yakni kloter 10, kloter 51 dan kloter 64.

Untuk kloter 10 yang diberangkatkan pada Senin (24/8/2015) malam, terdiri dari 444 jamaah. Kloter 51 yang rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 9 September mendatang. Sedangkan khusus untuk kloter 64 yang diberangkatkan pada 14 September, bakal dibarengkan dengan calon jamaah haji dari Kabupaten Sumedang dan Banjar.

"Untuk calon jamaah haji asal Cianjur yang masuk dalam kloter 64 bersama calon jamaah haji dari Kabupaten Sumedang dan Banjar itu jumlahnya hanya 122 jamaah," tegasnya [KC-02]**

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.