Iklan

iklan

Dibalik Pengajian Rutin di Kediaman H. Suranto, Suburkan Kehidupan Beragama

Monday, September 21, 2015 | 5:39:00 AM WIB Last Updated 2015-09-20T22:40:41Z
MENYUBURKAN  kehidupan beragama menjadi tanggungjawab setiap muslim. Pun yang dilakukan H. Suranto. Setidaknya dalam sebulan di rumah pribadinya, di Jl. Ir. H. Juanda, Salakopi, Cianjur, ia menggelar pengajian bagi ibu-ibu.

Setiap pengajian digelar ratusan ibu-ibu tumplek di rumah pribadinya itu. Terlebih jika penceramah atau ustadzah-nya populer atau kondang. Ibu-ibu dari berbagai pelosok di kota Cianjur menyesaki rumah Suranto yang kini mencalonkan diri sebagai bupati Cianjur pada pilkada 2016-2021.

“Rasa-rasanya saya tidak pernah absen mengikuti pengajian di rumah Pak Suranto. Ya, tolibul ilmi saja, kan, wajib bagi setiap muslim,”  tutur  Mbak Niam (36), warga Kampung Baros, Desa Sukataris, Kec. Karangtengah,  di sela-sela pengajian beberapa hari lalu.

Tidak saja  berupa ceramah, pengajian di rumah kandidat  bupati yang berpasangan dengan Aldwin  Rahadian bernomor urut 3 (tiga) ini pun diselingi tadarusan ibu-ibu. “Diupayakan setiap tadarusan  khatam al-qur’an,” sebut dr. Mien Suranto, istri Suranto, pengelola pengajian rutin.

Pengajian rutin di rumah-rumah pribadi sebenarnya marak di Cianjur ini. Maklum saja masyarakat  Cianjur  religius. Tingkat partisipasi masyarakat pada sektor keagamaan relatif tinggi. Kondisi seperti ini, menurut Suranto, paling tidak harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Lagi pula pada aktivitas pengajian ini masyarakat bisa menuai manfaat ganda. Di samping mendulang ilmu keagamaan yang hukumnya wajib bagi muslim, masyarakat bisa bersilaturachmi. “Jadi  pengajian rutin harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Paling tidak, ibu-ibu yang tidak kenal menjadi saling mengenal, ya,” kata Suranto, pada pengajian itu [KC-02/smec]**



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dibalik Pengajian Rutin di Kediaman H. Suranto, Suburkan Kehidupan Beragama

Trending Now

Iklan

iklan