CIANJUR, [KC].- Calon Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar  (IRM) akan mendorong lahirnya Peraturan Bupati (Perbup), terkait penyerapan tenaga kerja laki-laki dan perempuan yang proporsional, bila terpilih nanti. "Kondisi ini dipicu oleh kenyataan, saat ini sebagian besar pekerja di Cianjur didominasi oleh perempuan. Karena itu bila terpilih nanti, saya akan mendorong lahirnya Perbup yang membuka peluang bagi laki-laki untuk bekerja di perusahaan," kata Irvan saat meninjau sejumlah pabrik di wilayah Sukaluyu.

Cabup nomor urut dua ini menambahkan, saat ini Upah Minimum Regional (UMR)  untuk Cianjur sebesar Rp1.648.000.  Tentu saja menurutnya, nilai tersebut tentunya belum ideal dari standar kebutuhan hidup layak (KHL). Karena itu, peluang kerja  lebih banyak ditujukan untuk penerimaan pekerja perempuan.

Kondisi tersebut menurutnya menjadi tidak ideal dalam kehidupan rumah tangga masyarakat Cianjur. Bila perempuan bekerja, lalu laki-laki tidak bekerja karena tidak mendapatkan peluang pekerjaan, maka akan berpengaruh terhadap perekonomian keluarga.

"Karena laki-laki adalah kepala keluarga yang harus bertanggung jawab terhadap keluarganya, bukan perempuan. Dan yang terjadi saat ini, dominasi perempuan sangat tinggi di dalam peluang pekerjaan perusahaan-perusahaan," tambahnya.

Alasan yang dikemukakan perusahaan, bahwa etos kerja perempuan lebih tinggi ketimbang laki-laki, menurut  pria kelahiran Ciherang ini  tidak bisa menjadi patokan. Sebab menurutnya, kemampuan laki-laki akan jauh lebih maksimal, jika diberikan kesempatan yang sama untuk menekuni pekerjaan.

"Tidak benar juga kalau ada anggapan, hanya  perempuan yang  etos kerjanya tinggi untuk bekerja di pabrik. Jika laki-laki diberikan kesempatan yang sama, tidak menutup kemungkinan akan sama bagusnya dengan etos kerja perempuan," pungkasnya [KC-02/dak]**.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.