CIANJUR, [KC].- Tidak bisa dipungkiri Cianjur selatan tertinggal dibanding Cianjur belahan utara. Ragam sektor  di wilayah terbesar di Cianjurini serba kekurangan, seperti infrastruktur jalan, irigasi, sarana pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Bahkan dulu sempat ada sindiran, Cianjur selatan tertinggal beberapa Pelita (pembangunan lima tahun) dibanding Cianjur utara.

Oleh karena itulah, menurut Wakil Bupati Cianjur Suranto, satu-satunya agar Cianjur selatan mampu mensejajarkan diri dengan utara yakni adanya akselerasi (percepatan) pembangunan. “Kue” pembangunan terus diperbesar kearah selatan. Memang memerlukan     biaya amat besar, mulai daerah, provinsi dan pusat harus mengguyurkan  anggaran memadai ke Cianjur selatan.

Dana desa yang digulirkan ke setiap desa, lanjutnya, merupakan salah satu  peluang untuk mempercepat pembangunan. Terlebih pada realisasi program dana desa yang berbasiskan kepentingan masyarakat, pada pelaksanannya  dituntut partisipasi aktif masyarakat. Masyarakat tidak diposisikan sekadar objek pembangunan, melainkan subjek pembangunan. “Termasuk mengawasi realisasi program yang dibiayai dana desa,” sebut Suranto, di rumah dinasnya, Jum’at (30/10).

Diyakininya jika Cianjur telah sejajar dengan wilayah utara, orientasi ke kota (urban oriented) pun akan berangsur meluntur. Guna memenuhi ragam kebutuhan mereka tidak selalu harus datang ke kota Cianjur, atau kota besar lainnya. Termasuk lapangan pekerjaan tersedia di sana.

Ketahuilah, tutur Suranto, membanjirnya tenaga kerja dari Cianjur selatan ke perkotaan bahkan ke luar negeri, akibat sempitnya lapangan kerja di sana yang sesuai dengan kemampuan mereka. Dari pada mereka melepaskan waktu luangnya dengan percuma, sementara di sisi lain kebutuhan hidup kian melilit, jadilah mereka kaum urban.

Mereka menjadi pembantu rumah tangga atau sopir bagi yang mememiliki keterampilan menyetir.  Nasib tragis yang dialami sejumlah TKW Cianjur selatan di luar negeri tidak menjadikan mereka jera untuk mendulang upah di luar negeri “Kalau saja Cianjur selatan  maju, saya yakin perkotaan maupun luar negeri tidak lagi menjadi idaman mereka dalam mencari kerja,” pungkasnya [KC-02/SMeC]**  
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.