CIANJUR, [KC].- Pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup/cawabup)  Suranto-Aldwin Rahadian (Oki) bertekad menghidupkan lagi  Koperasi Unit Desa (KUD). Bahkan pasangan bernomor urut 3 Pilkada Cianjur 2016-2021 ini akan mendorong  KUD agar  berperan lebih banyak lagi. Koperasi ini tidak sekadar mengembangkan usaha tani, melainkan berbagai aktivitas usaha.

“Kalau pasangan kami menang pilkada,  KUD akan kami hidupkan lagi. Bahkan akan didorong agar berperan di banyak sektor usaha, tidak sekadar sektor pertanian,” yakin Suranto, didampingi Oki, di sela-sela kampanye akbarnyaa, di halaman parkir Harimart, Minggu (15/11/2015).

KUD sekarang masih relatih belum maksimal, berbeda dengan masa orde baru. Sebagaimana keterangan, paling di bawah 10 KUD yang relatif masih jalan. Padahal peran KUD sangat strategis dalam menggerakan ekonomi pedesaan. Masyarakat  bisa menggantungkan pengembangan usaha kepada KUD.

Oleh karena itulah salah satu program ekonomi kerakyatan,  pasangan Suranto-Oki bertekad menghidupkan lagi  KUD. Malah ditargetkannya KUD ada di tiap desa, sehingga masyarakat desa mudah mengaksesnya jika memerlukan  uluran tangan KUD guna memenuhi pengembangan usaha atau keperluan lainnya.

Dengan hadirnya KUD di tiap desa, timpal Oki,  bakal juga melindungi masyarakat dari praktek rentenir yang belakangan ini kian merajalela. Sebab masyarakat yang membutuhkan modal untuk untuk pengembangan usahanya  bisa memakai jasa KUD dengan beban ringan. Masyarakat tak perlu lagi meminta bantuan lintah darat. 

Namun di sisi lain, masyarakat juga harus menyokong keberadaan KUD dengan cara menjadi anggota agar mendapatkan pelayanan. Pun diperlukan pengelola koperasi yang profesional dan amanah. “Termasuk mendukung kami pada 9 Desember nanti dengan cara mencblos nomor urut 3, agar agenda revitalisasi KUD  ini terwujud,” tegas Oki [KC-02/SMeC]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.