CIANJUR, [KC].- Politisi Partai Golkar Deden Nasihin, memastikan berdasar survey beberapa lembaga kredibel di Indonesia yang melakukan survey Pilkada di Cianjur. Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2  Irvan Rivano Muchtar- Herman Suherman, unggul dibanding dua kandidat lainnya.

“Survey ini sudah dilakukan sejak Juli hingga Oktober 2015. Jadi ada beberapa kali survey dari lembaga survey kredibel berbeda-beda. Kenapa? Karena kami ingin melihat perkembangan melalui beberapa lembaga survey, dan hasilnya alhamdulillah semua menunjukkan tren meningkat tajam sejak Juli hingga Oktober,” kata Deden.

Deden yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur ini menjelaskan, dia tidak perlu menyebutkan beberapa lembaga survey tersebut, namun juga tidak membantah terhadap hasil survey yang beredar di dunia maya saat ini.  Bahkan menurutnya, hasil survey yang dilakukan oleh pasangan lain juga menunjukkan hasil yang sama.

Perkembangan hasil survey pasangan Beriman dari Juli hingga Oktober menurut Deden cukup signifikan. Kenaikan angka elektabilitas hingga di atas 45 persen, melampaui kandidat lainnya yang juga petahana, tentu sangat luar biasa. 

Survey ini, kata Deden, adalah instrumen akademis untuk merekam persepsi publik terhadap sesuatu, dan setiap lembaga survey memiliki metodologi yang sama. Perbedaan terjadi hanya karena waktu pengambilan sample yang berbeda, dan itu menunjukkan rekam pergerakan di lapangan. “Bahwa ada margin of error di setiap survey ya, tapi margin of error tersebut akurasinya tidak melebihi dua persen dalam setiap survey,” tuturnya.

Karena nya dikatakan pria yang akrab disapa Dennas ini, bila ada pihak yang ingin membantah hasil survey tersebut, hendaknya dibantah melalui publikasi hasil survey juga. “Tidak perlu mengatakan abal-abal, bantahlah dengan hasil survey juga. Naskah akademik harus juga dilawan dengan naskah akademik, itu akan menunjukkan derajat pemikiran dan tingkah laku kita,” tukas Dennas.

Hal senada  dikatakan politisi PKB Lepi Ali Firmansyah. Menurutnya beberapa lembaga survey yang telah melakukan survey  adalah lembaga yang kredibel dan tergabung dalam Perhimpunan Survei Asosiasi Publik (Persepsi). “Silahkan saja diperiksa nama-nama lembaganya yang sudah terpublish di dunia maya. Dan kita semua tahu, perintis lembaga dan dunia survey pertama di Indonesia itu ada dua orang yaitu Saiful Mujani dan Denny Ja,” kata Lepi [KC-02/DAK]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.