CIANJUR, [KC].-  Pasangan calon Bupati Cianjur dan Wakil Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar –Herman Suherman (Beriman), menegaskan  untuk mengentaskan kemiskinan atau menurunakan angka kemiskinan, maka rakyat harus diberikan akses sumber daya ekonomi paling dasar.
Akses tersebut dikatakan Irvan yaitu akses terhadap lahan, akses terhadap modal dan keahlian.  Karena itu, untuk menurunkan angka kemiskinan harus dilakukan melalui berbagai pola program, tidak hanya dilakukan dengan memberikan modal saja.
"Mungkin banyak orang yang salah mengira dalam program kami, bahwa untuk menurunkan angka kemiskinan hanya dibaca dengan pemberian modal. Melainkan dengan berbagai program yang bisa membuat rakyat memiliki akses terhadap sumber daya ekonomi dasar tersebut," kata Irvan seusai pelatihan saksi tahap dua di Warungkondang Cianjur .
Calon bupati nomor urut 2 ini menjelaskan, kemiskinan bukanlah akar masalah melainkan sebab. Akar masalahnya adalah tidak memiliki akses terhadap sumber daya ekonomi.
Hal itu menyebabkan rendahnya produktifitas, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar, maka terjadilah kemiskinan. Karenanya, rakyat harus dipermudah untuk mendapatkan akses lahan, bisa mengakses modal, juga ditingkatkan keahliannya agar tidak kesulitan mendapatkan lapangan pekerjaan.
Hal itu yang kemudian tertuang dalam program ekonomi pasangan Beriman yaitu peningkatan ketahanan pangan daerah yang berkelanjutan, pengembangan ekonomi koperasi usaha menengah  kecil dan mikro (KUMKM). Kemudian pengembangan ekonomi investasi, industri, perdagangan dan ketenagakerjaan, pengembangan potensi pertanian, kelautan dan pesisir,  pengembangan ekonomi syariah dan pengembangan ekonomi perdesaan. Serta pembangunan kelembagaan usaha dan pasar berbasis potensi dan   keunggulan  lokal, dan pengentasan kemiskinan melalui "insentif  rakyat miskin."
Pasangan yang diusung Partai Golkar, PKB dan PBB ini, nantinya akan lebih dulu memetakan, mana diantara mereka yang lebih memerlukan modal. Kemudian mana yang lebih membutuhkan lahan dan siapa diantara mereka yang harus diberi ketrampilan. Pemerintahan nantinya ditambahkan Irvan,  akan membantu memfasilitasi rakyat agar  dapat mengaksesnya.
"Selain itu kami menyadari bahwa diantara rakyat Cianjur, ada kelompok masyarakat yang sudah berumur, cacat atau tidak produktif lagi, karenanya kami akan memberikan insentif 100 ribu rupiah per KK. Jika rakyat dibantu mengkases sumberdaya ekonomi, maka kesejahteraan mereka otomatis akan meningkat. Itulah hakikat dari program kami, Insentif Rakyat Miskin," pungkas Irvan [KC--02/dak]**

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!





Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.