CIANJUR, [KC].- Sebagai upaya maksimal untuk membuat pengunjung khususnya masyarakat yang ingin mendapatkan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) merasa nyaman, Satpas Polres Cianjur kini berbenah dengan menyiapkan sarana perpustakaan lengkap dengan sambungan wifi gratis. Sarana tersebut hanya salah satu bagian saja.

Sebagaimana dilansir galamedianews.com agar masyarakat yang datang tidak bosan untuk menunggu, Satpas Polres Cianjur juga melengkapi dengan taman beserta kolam ikan yang berada tepat di samping perpustakaan. Selain itu, sebuah sangkar besar yang berisi puluhan berbagai jenis burung pun turut menambah lengkap fasilitas gratis para pemohon SIM.

Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu, mengatakan, pelayanan kepada masyarakat secara maksimal merupakan salah satu tugas polisi. Adanya perpustakaan di Satpas Polres Cianjur, menjadi bentuk pelayanan lain kepada masyarakat yang kini diwujudkan.

"Disaat masyarakat tengah mengurus untuk mendapatkan SIM, disitu pulalah ada saarana perpustakaan yang menyediakan ilmu yang bermanfaat melalui buku-buku yang ada," kata Asep di Mapolres Cianjur, Senin (25/1/2016).

Keberadaan perpustakaan tersebut menurut Kapolres juga berlaku untuk masyarakat umum. Artinya siapapun boleh datang keperpustakaan baik pemohon SIM maupun masyarakat yang memerlukan referensi. "Masyarakat yang sedang ada keperluan di gedung utama Polres Cianjur, semisal mengurus SKCK ataupun yang lainnya, bisa ikut memanfaatkan fasilitas baru itu. Setidaknya, bisa memanfaatkan waktu tunggu dengan membaca buku atau sekedar menikmati taman Satpas," katanya.

Disinggung areal Satpas yang cukup jauh dari bangunan utama Polres, Kapolres menegaskan akan mengupayakan kendaraan khusus untuk mengangkut pengunjung. "Memang jaraknya dari gedung utama atau depan cukup jauh kalau berjalan kaki, kami kedepan akan mengupayakan ada kendaraan yang disediakan," katanya.

Dengan adanya kelengkapan fasilitas itu, menurut perwira polisi yang pernah berdinas sebagai penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kinerja polisi dan pelayanan juga harus meningkat termasuk profesionalitasnya. "Tidak hanya itu kita berharap juga sisihkan sedikit rezeki untuk membantu saudara kita yang tidak mampu, karena di Cianjur potrek kemiskinan masih banyak," paparnya.

Kanit Regident Polres Cianjur Iptu Luky Martono menambahkan, disekitar perpustakaan nantinya akan ditambah dengan arena bermain anak. Pertimbangannya banyak pemohon SIM sambil membawa anaknya karena tidak bisa ditinggal dirumah. "Kami rencanakan tempat bermain anak ditempatkan didepan perpustakaan, sehingga orang tua yang membawa anak bisa menikmati fasilitas yang ada," kata Luky.

Selain sarana perpustakaan yang ada kata Luky, persis diatasnya sekaligus menjadi pos pantau Satpas Polres Cianjur. Fungsinya, bisa dilakukan pemantauan di setiap sudut satpas agar bisa memberantas keberadaan calo. Hal itu didukung dengan dipasangnya sejumlah cctv di beberapa titik.

Kelebihannya, pemantauan melalui cctv itu bisa langsung diakses melalui gadget. Ketika ada pelanggaran dan percaloan, bakal langsung mendapatkan teguran melalui pengeras suara yang berpusat di Pos Pantau Satpas.

"Kita ingin tidak ada calo, dari pos pantau ini, kami bisa memantau juga cctv milik kepolisian di seluruh Indonesia. Jadi semua pantauan makin lengkap yang bisa kita nikmati," tuturnya [KC-02/gp]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.