CIANJUR, [KC],- Institut Pertanian Bogor (IPB) hadir di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Peresmian multikampus IPB di Kota Sukabumi itu dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Selasa (3/5/2016).

"IPB Sukabumi ini dipersembahkan bagi warga Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Cianjur," kata Heryawan kepada wartawan di Kampus Politeknik Sukabumi, Jawa Barat, Selasa.

Menurut Heryawan, pada tahun pertama hingga kedua, kampus IPB Sukabumi akan berada di kampus Politeknik Sukabumi. Nantinya kampus itu akan berada di lahan baru yang akan diperluas.

"Lahan sudah ada seluas 11 hektar dan 6 hektar, akan diperluas 6 hektar hingga bisa menjadi 20 hektar," ujar Heryawan.

Dengan adanya IPB di Sukabumi ini berarti ada penambahan daya tampung mahasiswa. Dengan demikian, ada kesempatan bagi para lulusan SMA dalam melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Selain mengembangkan kampus, IPB di Sukabumi juga mempunyai tugas lain yaitu membina perguruan tinggi swasta di Sukabumi supaya kampus banyak dan berkualitas," kata dia.

Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto menjelaskan, multikampus IPB ini sudah siap dilaksanakan. Penerimaan mahasiswa baru sudah dilakukan pulan bulan Mei 2016 ini.

Ada dua program studi S-1 di kampus tersebut, yaitu agronomi dan hortikultura serta ekonomi pertanian sumber daya lingkungan.

Program D-III mencakup jurusan peternakan dan perikanan. Masing-masing berjumlah 40 mahasiswa.

"Insya Allah semuanya sudah siap. Tahun ini sudah mulai ada penerimaan mahasiswa baru," jelas Herry kepada Kompas.com.

Ia mengatakan, program studi S-1 pada tahun pertama akan dilaksanakan perkuliahan di Kampus Darmaga IPB dan tahun kedua perkuliahan mulai dilaksanakan di Sukabumi.

"Kampus di Sukabumi ini sudah mencukupi untuk perkuliahan. Sedangkan untuk praktik ada beberapa lembaga yang bisa dikerjasamakan, seperti balai besar air tawar dan lainnya," katanya. [KC. 11/Yed]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.