BOJONGPICUNG, [KC].- Berbagai ragam dilakukan untuk meningkatkan minat baca, seperti halnya yang dilakukan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Alhijrah, Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung. PKBM tersebut mendirikan sebuah perpustakaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang diberi nama Cianjur Maca Buku (Cambuk).

Meski terbilang masih baru, tapi sudah memiliki jumlah buku bacaan sebanyak 6700 judul. Para pengurus dan anggota Cambuk, tidak hanya menggelar bukunya di taman bacaan yang telah disediakan, tapi juga menjaring peminat baca buku melalui mobil Cambuk, tiap sore hari dan hari libur kesetiap banyak berkumpulnya anak-anak pelajar dan masyarakat Desa Jatisari, seperti halnya di posyandu, Poskamling, TPA, Paud, Diniyah dan di tempat yang dianggap setrategis.

TBM Cambuk itu, sebenarnya tidak hanya khusus keliling di perkampungan yang ada di Desa Jatisari saja, tapi keliling kesetiap perkumpulan warga yang ada di desa lainnya di Kecamatan Bojongpicung, seperti halnya ke Desa Cikondang, Sukajaya, Sukarama, Jati dan Desa Cibarengkok.

"Kita ingin terus mengembangkan minat baca ini melalui perpustakaan. Kita akan mengembangkan sayap ke setiap desa yang ada di Kecamatan Bojongpicung dan semoga perjuangan sosial seperti ini terus berlanjut, biarpun kendala halangan rintangan dan tantangan terus saling berganti, Seperti kurangnya biaya tranportasi mobil, kurangnya buku bacaan dan alat penunjang lainnya," kata Wandi Ubaidillah Ketua TBM Cambuk.

Pihaknya sangat mengharapkan adanya sumbangsih dari masyarakat untuk menyumbangkan buku bacaan. "Yang sekiranya sudah tidak terpakai, kami siap menerimanya untuk disumbangkan pada TBM Cambuk yang nantinya akan dimanfaatkan dijadikan aset dan dibaca semua peminat," katanya.
Asep Sulaeman tokoh pemuda Desa Jatisari, merasa bangga adanya TBM Cambuk yang terus berupaya menumbuhkembangkan minat baca masyarakat. Meski dengan keterbatasan, tapi mampu melakukan terobosan keliling menggunakan mobil kesetiap pelosok kampung dengan hanya membawa buku bacaan.

"Hebatnya ladi tidak sedikit anak-anak pealajar SD, SMP, SLTA dan masyarakat yang berminat membaca bukunya. Tentu saja semua itu, harus banyak mendapat perhatian dari pihak pemerintahan, khususnya pemerintahan Desa Jatisari, kenapa tidak mungkin bisa sedikit menyisihkan dari APBDes untuk keberlangsungan TBM Cambuk yang siap mencerdaskan warga Desa Jatisari Kecamatan Bojongpicung," tegas Asep. [KC-02/pip]**






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.