Iklan

iklan

BMKG Peringatkan Tetap Waspada, Cianjur Besok Berpotensi Hujan Lebat

Admin
Friday, January 10, 2020 | 11:21:00 AM WIB Last Updated 2020-01-10T04:34:19Z
Akbat intensitas hujan yang sering, tanah di Cianjur mengalami pergeseran. 

CIANJUR,[KC],-   Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadinya hujan lebat diberbagai wilayah di Indonesia sampai tanggal 15 Januari 2020 nanti. Terkait dengan potensi cuaca ekstrim ini, BMKG mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap dampak yang bisa timbul akibat cuaca ekstrim.

Berdasarkan prospek cuaca BMKG di Jawa Barat, Cianjur Besok akan terjadi hujan sedang-lebat yang disertai angin kencang dan petir kilat.

Indikasi Peningkatan cuaca ekstrim di wilayah Jawa Barat masih terpantau sepekan ke depan, adanya Tekanan udara di wilayah Jawa Barat pada umumnya sekitar 1008 -1010 hPa. Serta Terdapatnya 1 siklon tropis di Samudera Hindia selatan NTT dan 1 bibit siklon di Laut Arafura, yang membentuk daerah pertumbuhan awan hujan akibat pertemuan dan belokan angin yang melewati wilayah Jawa Barat menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Jawa Barat.

Lihat : Video Banjir Alun- Alun Cianjur

Suhu muka laut umumnya berkisar antara 30,0 °C - 31,0 °C di wilayah utara Jawa Barat,  menandakan di sekitar wilayah perairan yang mempunyai temperatur yang hangat, sehingga mampu menambah pasokan uap air yang cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan di wilayah Jawa Barat

Wilayah Jabodetabek, Jawa Barat hingga Yogyakarta diprakirakan terjadi hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir. Sedangkan wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi barat hingga Sulawesi Selatan diprakirakan berpotensi hujan lebat.

Peringatan dini cuaca ekstrem dibuat berdasarkan adanya bibit siklon tropis 92S. Bibit siklon tropis 92S tersebut berada di wilayah Perairan Utara Australia dengan potensi menjadi siklon tropis dalam kurun waktu 12 jam ke depan. [KC.10]**


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BMKG Peringatkan Tetap Waspada, Cianjur Besok Berpotensi Hujan Lebat

Trending Now

Iklan

iklan