Iklan

iklan

Haji Herman Dorong Disdukcapil Lakukan Inovasi Percepat Layanan Pembuatan KTP

Admin
Wednesday, March 11, 2020 | 2:54:00 PM WIB Last Updated 2020-03-11T07:54:47Z
CIANJUR,[KC],- Plt. Bupati Cianjur Haji Herman Suherman mendorong Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur untuk terus berinovasi mempercepat pelayanan pembuatan e-KTP. Salah satunya dengan melakukan strategi jemput bola ke desa dan sekolah-sekolah di seluruh Cianjur.

“Sekarang harus lebih mudah, harus lebih cepat. Silahkan masyarakat datang ke tempat-tempat yang telah ditentukan, sekolah-sekolah atau lokasi Cianjur Ngawangun Lembur (CNL). Kita pastikan ada pelayanan pembuatan e-KTP,” kata Haji Herman saat mengunjungi lokasi perekaman e-KTP di Yayasan Sekolah Al-Azamy, Cilaku, Rabu (11/3).

Kepemilikan e-KTP sebagai dokumen utama kependudukan, terus digenjot karena ini jadi syarat utama mendapatkan bantuan-bantuan sosial dari pemerintah. Selain memastikan seluruh warga berusia di atas 17 tahun memiliki e-KTP, kecepatan pelayanan juga jadi target pelayanan yang harus dikejar Disdukcapil Cianjur.

“Tentu targetnya langsung jadi, atau setidaknya 1 x 24 jam ya. Karena e-KTP ini syarat utama berbagai bantuan, kita harus memastikan masyarakat punya,” kata Haji Herman.

Kepala Disdukcapil Cianjur Munajat memastikan akan lebih banyak lagi upaya jemput bola pembuatan e-KTP di seluruh Cianjur. Sekolah-sekolah jadi salah satu target utama karena setiap tahunnya akan ada siswa-siswa baru yang berhak memiliki kartu kependudukan ini.

“Kalau tidak kita fasilitasi segera, akan menjadi beban tiap tahunnya. Oleh karena itu kita mulai (jemput bola) dari sekolah-sekolah,” kata Munajat.

Saat ini, menurut Munajat, Disdukcapil Cianjur punya target mengejar ketertinggalan sekitar 6 persen dari total masyarakat Cianjur di atas 17 tahun yang belum memiliki e-KTP. Ia akan memastikan Disdukcapil berinovasi untuk mencapai target tersebut.

“Perekaman secara online juga akan jadi opsi. Masyarakat tinggal mengambil fisik e-KTP-nya saja ke depannya. Tidak perlu antri panjang,” kata Munajat. [KC.08]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Haji Herman Dorong Disdukcapil Lakukan Inovasi Percepat Layanan Pembuatan KTP

Trending Now

Iklan

iklan