CIANJUR,[KC],- Ketua Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Prasetya Mulya, Jakarta, Javi Juno Rian mengaku banyak mendapat pelajaran selama menjalankan KKN di Cianjur. Javi menjelaskan pelajaran berharga yang ia dapat adalah tentang budaya masyarakat Cianjur.

"Pelajaran yang bisa diambil banyak ya terutama urusan pariwisata dan UMKM," kata Javi, di sela-sela acara penutupan KKN Universitas Prasetya Mulya di Lapangan Istana Cipanas, Minggu (1/3).

Namun menurutnya pelajaran paling berharga yang bisa diambil adalah budaya yang ada di masyarakat Cianjur. Bagaimana falsafah budaya itu tertanam dan tumbuh di masyarakat.

"Kita pelajari banget betapa budaya punya pengaruh yang dalam kehidupan masyarakat. Cianjur menunjukan pada kami kalau budayanya itu sekaya itu, dan itu bisa membuat mereka sejahtera sebenarnya," kata Javi.

Javi menambahkan pelajaran yang ia dapat dari KKN di Cianjur sangat bermanfaat baik untuk dirinya pribadi maupun bagi Universitas Prasetya Mulya.

"Pastinya bermanfaat, karena dari sini kita belajar banget dan pelajaran itu benar-benar pengalaman itu sendiri. Jadi ilmu-ilmu yang saya dapat dari pengalaman ini bakal berguna banget di kehidupan saya nantinya," kata Javi.

Javi mewakili rekan-rekannya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dalam pelaksanaan KKN di Kecamatan Cipanas dan Pacet.



"Kami sangat mengapresiasi karena yang pertama kami diterima dengan baik. Yang kedua juga antusias dengan apa yang kami berikan selama KKN sampai acara puncak ini juga sangat diterima dengan baik. Jadi kami senang banget karena sudah dibantu untuk meningkatkan nama Cianjur," kata Javi

Mahasiswa jurusan event fakultas pariwisata ini mengatakan, pemilihan Cianjur sebagai tempat Universitas Prasetya Mulya menjalankan KKN telah melalui proses seleksi. Cianjur dipilih karena dinilai memiliki potensi pariwisata dan budaya yang bisa meningkatkan perekonomian.

"Karena Cianjur punya banyak ciri khas seperti filosofi ngaos, mamaos, maempo itu banyak nyambung ke kehidupan. Sebenarnya banyak hal unik yang bisa digali di Cianjur dan itu sebenernya peluang buat masyarakat Cianjur itu sendiri buat menaikan perekonomian," kata pria berusia 21 tahun ini.

Acara KKN Universitas Mulya di Cianjur ditutup dengan gelaran pentas seni bertemakan Saung Rahayat. Dalam pentas seni tersebut terdapat pameran produk-produk UMKM, penampilan seni budaya, dan musik.

Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman turut serta dalam acara tersebut. Herman juga balik mengapresiasi Universitas Prasetya Mulya karena telah membantu Pemkab Cianjur memberdayakan masyarakat. Tahun ini merupakan tahun keempat Prasetya Mulya mengadakan KKN di Cianjur.

"Saya atas nama Pemkab Cianjur mengucapkan terima kasih kepada Universitas Prasetya Mulya. Semoga apa pelajaran yang didapat di Cianjur bisa berguna bagi masa depan kalian," kata Herman. [KC.08]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi M, Ahmad Jaelani, MFikri | Produksi TV : Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 089698682683. | CV. PEJUANG SUBUH | YAYASAN KABAR CIANJUR | Dewan Pembina : Sari Yulianti

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.