Iklan

iklan

Satgas Pangan Cianjur Pastikan Daging Sapi di Pasar Cianjur Aman dan Halal

Admin
Wednesday, May 13, 2020 | 9:53:00 AM WIB Last Updated 2020-05-13T02:53:56Z
CIANJUR,[KC],- Warga di Kabupaten Bandung digegerkan dengan tertangkapnya 4 pelaku penjual daging babi dicampur daging sapi, dilaporkan  dalam satu tahun komplotan penjual daging babi ini bisa menjual hingga 63 ton atau 600 kilogram per minggunya, daging tersebut dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga di pasaran.

Di Cianjur  hingga saat ini belum ada temuan dan laporan terkait daging sapi yang dicampur dengan daging babi atau celeng, demikian ditegaskan Satgas Pangan Cianjur. Mereka menjamin daging sapi yang beredar di pasar Cianjur tersebut aman dan halal untuk dikonsumsi.

Ketua Satgas Pangan Cianjur Ajun Komisaris Niki Ramdani, mengatakan pihaknya langsung menurunkan tim ke sejumlah pasar dan rumah potong untuk memastikan daging sapi yang dicampur dengan babi atau celeng tidak beredar di Cianjur.

"Stok semua daging sapi untuk pasar di Cianjur berasal dari rumah potong yang ada di Cianjur, sehingga kecil kemungkinan ada oknum yang mencampur dengan daging lain. Namun kami tetap melakukan pengawasan ke lapangan untuk memastikan tidak ada peredaran daging sapi yang dicampur dengan babi atau celeng di Cianjur," katanya.

Bahkan, Satgas Pangan Cianjur mengimbau pedagang dan pembeli untuk melapor jika mendapati peredaran daging yang dicampur tersebut. "Kami juga mengimbau penjual dan pembeli untuk melapor jika mendapati peredaran daging campuran tersebut, meskipun kecil kemungkinannya, karena Cianjur mendapat stok dari dalam Cianjur," katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pedagang Daging Domba Ayam dan Sapi (APDAS) Cianjur Yayu Sri Rahayu menjamin daging sapi di Cianjur aman dan halal dikonsumsi serta terbebas dari daging campuran babi atau celeng seperti yang beredar di Bandung karena rumah pemotongan untuk stok daging Cianjur berada di lokal Cianjur bukan dari luar daerah.

"Kecil kemungkinan daging beku Cianjur yang dicampur daging babi karena selama ini di Cianjur tidak menjual daging impor yang dibekukan, sehingga mudah dicampur dengan daging lain. Cianjur mendapat stok daging sapi dari beberapa rumah potong di beberapa tempat di Cianjur," katanya.

Bahkan, kata dia, warga dapat dengan mudah mengenali perbedaan daging sapi dengan babi yang lemaknya lebih banyak dan warna daging yang pucat. Penjual yang sudah bertahun-tahun berdagang pun sangat hapal dengan tekstur daging yang mereka tawarkan.

"Sampai saat ini, kami belum mendapat laporan adanya daging yang dicampur tersebut. Meskipun saat ini tingkat pemakaian mulai meningkat. Untuk stok daging, Cianjur masih terpenuhi dari rumah potong yang ada di tingkat lokal, tidak memesan dari luar," katanya. [KC. 03/Net]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Pangan Cianjur Pastikan Daging Sapi di Pasar Cianjur Aman dan Halal

Trending Now

Iklan

iklan