CIANJUR [KC],- Dalam rangka menjamin kelancaran proses pembelajaran serta untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap beragam produk dan aplikasi pembelajaran demi menghadirkan pengalaman belajar virtual yang lebih berkualitas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah meluncurkan Akun Pembelajaran bagi semua peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Dalam peluncuran akun pembelajaran yang di gelar secara live di Youtube (11/12) Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ainun Na'im menjelaskan Akun Pembelajaran ini merupakan akses masuk tunggal (Single Sign On) ke berbagai layanan pembelajaran digital seperti surat elektronik, penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik; pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik; penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik; pelaksanaan proses pembelajaran secara daring (online), baik secara sinkronus (dilakukan pada waktu yang bersamaan) maupun asinkronus (fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang bersamaan).

" Akun pembelajaran ini  memuat akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik" Ucap Ainun Naim.

Dalam webinar belajar.id dijelaskan teknis untuk mengakses akun tersebut, antara lain untuk operator dan selanjutnya peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Untuk Operator Satuan Pendidikan dapat membuka laman pd.data.kemdikbud.go.id, lalu login

Klik tombol "Unduh Akun", pilih "Peserta Didik" atau "PTK" untuk mengunduh file csv berisi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran untuk pengguna di satuan pendidikan Anda.

Buka file csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (user ID dan password) kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi.

Untuk Siswa, Guru, dan Tenaga Kependidikan akan mendapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah Anda

Peserta didik, pendidik, dan ketenaga pendidikan dapat membuka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan

Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran Anda

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK IT Nurul Huda Cianjur, Imam Misbah bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbud yang telah memfasilitasi akun google suite atau akun pembelajaran ini yang pasti akan sangat bermanfaat baik bagi lembaga maupun semua personal peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

" Kita memang sudah menggunakan akun G-Suite sebelumnya namun terbatas tapi kini kita bisa mendapatkan untuk peserta didik dan pendidik secara Unlimited, sehingga kita bisa belajar tanpa batas, kita bisa mengirimkan buku modul, penugasan, dan penilaian pembelajaran dengan mudah dan praktis, bahkan kita juga bisa dengan mudah menyimpan semua berkas dan arisp di Cloud Google" Ucap Imam .

Untuk sekolah yang belum mendapatkan Akun pembelajaran ini dapat diakses di https://pd.data.kemdikbud.go.id melalui operator sekolahnya masing-masing [KC.09]**

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, M Fikri, Eris Risdianto, Muhammad Nasrul, Arsy, Intan Permatasari | Produksi TV : Nurholis Mahmud, Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Cianjur 089698682683. | PT. MITRA SINERGI INFORMA : Direktur : Asep Moh. Muhsin | Komisaris : Iman Sulaiman, Sari Yulianti

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.