Hosting Unlimited Indonesia

Nurdin,S.HI.,S.PdI - Ketua MKKS SMK Kab. Cianjur

CIANJUR,[KC],-
 
Kepala Cabang Dinas Pendidikan  Wilayah VI  Provinsi Jawa Barat, Endang Susilastuti, Selasa (19/4) resmi melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Cianjur, Nurdin, S.PdI Kepala SMK Vancanity Pacet, dinobatkan menjadi Ketua MKKS SMK Kab. Cianjur Periode 2022-2025.

Dalam sambutannya Nurdin mengatakan MKKS SMK Cianjur merupakan suatu asosiasi kepala SMK di Kabupaten Cianjur yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, belajar, bertukar pikiran dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah juga bertujuan untuk mengembangkan dinamika sekolah agar lebih kreatif dan inovatif dalam penyelenggaraan program-program SMK. Saat ini tercatat ada 187 SMK dikabupaten Cianjur. Sementara tantangan SMK di Indonesia saat ini adalah bagaimana mengurangi angka pengangguran SMK yang selama Covid 19 naik menjadi 13 %. angka tersebut bermakna dari 100 lulusan SMK ada 13 orang yang menganggur.

“Untuk itu dimasa kepengurusan MKKS SMK masa bakti 2022-2025 ini kami concern terhadap bagaimana memperluas silaturrahim, mengembangkan ide pembaruan, meningkatkan kolaborasi bersama Dinas Pendidikan, MGMP, Perguruan Tinggi, LPMP, DPRD, DUDI, SEAMOLEC, LSM dan instansi pemerintah lainnya” Ucap Nurdin.

Nurdin juga menjelaskan bahwa SMK memiliki peran penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan produktif. Arah kebijakan pemerintah memperluas akses pendidikan SMK diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. 

“ Pemerintah harus terus mendorong untuk menciptakan generasi yang produktivitas dan daya saing, maka pendidikan vokasi memiliki posisi penting untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, harapan lulusan SMK kedepan bukan sekadar mengandalkan ijazah, tetapi juga memiliki kompetensi yang diinginkan oleh dunia kerja. Kompetensi tersebut artinya : aku bisa apa? bukan aku sudah belajar apa? Plus yang paling penting adalah kejujuran, moralitas dan integritas.” ucap Nurdin.

Untuk mencapai hal tersebut kata Nurdin, diperlukan kepala SMK yang unggul, kepala sekolah yang menjadi pemimpin transformasional dan mampu memberikan perubahan dalam perbaikan mutu sekolah. Salah satu indikator kinerja sekolah yang baik adalah  dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila. Yaitu beriman kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlaq mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, Mandiri, bernalar kritis dan Kreatif.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir  Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kab Cianjur, Ketua Dewan Pendidikan Cianjur, Sekretaris Umum MUI Kab. Cianjur, Gerakan Pramuka Kwarcab Cianjur, Ormas dan OKP serta Mitra Industri MKKS SMK Kab. Cianjur.

Kegiatan ditutup oleh Tausiyah yang dipimpin oleh H. Saepulul Ulum dan dilanjutkan dengan Buka Bersama Ratusan Kepala SMK Se-Kabupaten Cianjur beserta tamu undangan [KC.05]**

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, M Fikri, Eris Risdianto, Muhammad Nasrul, Arsy, Intan Permatasari | Produksi TV : Nurholis Mahmud, Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Cianjur 089698682683. | PT. MITRA SINERGI INFORMA : Direktur : Asep Moh. Muhsin | Komisaris : Iman Sulaiman, Sari Yulianti

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.