CIANJUR,[KC],- Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman melantik Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Drs. Munajat M.AP pada Jumat (31/1) di halaman Kantor Disdukcapil Cianjur. Dalam sambutannya, Herman meminta kepada Kepala Disdukcapil yang baru untuk membuat inovasi dan terobosan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya ingin Disdukcapil yang hampir setiap hari melayani masyarakat di seluruh wilayah kabupaten Cianjur mencari inovasi. Cari inovasi bagaimana caranya agar masyarakat yang datang jauh dari Naringgul Cianjur Selatan misalnya, datang ke sini nyaman jangan sampai mereka datang ke sini panas, gerah, lama, dan sebagainya, cari inovasi!" ujar Herman, Jumat (31/1).

Herman juga meminta kepada Kepala Disdukcapil untuk melakukan evaluasi secara rutin guna mengatasi masalah-masalah yang kerap kali terjadi dalam pelayanan di Disdukcapil.

Baca Juga : 
Buka MTQ Ke-45 Cianjur, Haji Herman Apresiasi Antusiasme Warga
Dukung Talenta Muda Cianjur Dalam Bidang Seni, Haji Herman Jadi Anggota Forsa
Haji Herman Minta BKSWI Bantu Wujudkan Cianjur Maju Dan Agamis
Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman Raih Penghargaan Dari Menteri ATR/BPN

"Lakukan evaluasi setiap minggu atau setiap bulan apa kekurangan dalam rangka melayani masyarakat," ujar Herman.

Menanggapi perintah Herman, Kepala Disdukcapil, Munajat mengaku siap menjalankan tugas dari Plt. Bupati Cianjur untuk membuat inovasi dalam pelayanan Disdukcapil.

Munajat mengatakan nantinya Disdukcapil akan membuka layanan di beberapa ruang publik seperti Citimall dan pasar.

"Kiita akan penetrasi ke sana," kata Munajat.

Munajat menjelaskan langkah pertama yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah konsolidasi internal guna mengevaluasi permasalahan penting yang berkaitan dengan pelayanan publik.

"Setelah itu kita urut kira-kira mana ini benang merahnya. Baru kita lakukan beberapa upaya pemecahan masalah dan solusinya akan kita terapkan berkaitan dengan yang diharapkan pak bupati salah satunya inovasi," kata Munajat.

Terkait masalah terjadinya penumpukan antrean massa yang mengurus e-KTP, mantan Sekertaris Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga itu mengatakan Disdukcapil sudah membuka layanan pembuatan e-KTP di tujuh wilayah yang mencakup semua Kecamatan di Cianjur.

"Kita akan coba memecah konsentrasi ini jadi tujuh wilayah. Tujuh wilayah yang mencakup pelayanan di Kecamatan-Kecamatan terdekat. Sehingga nanti tidak akan terjadi lagi penumpukan-penumpukan di satu titik," kata Munajat.

Lihat Video :
Wajah Baru MUI 2019-2024
BKSWI Cianjur Laksanakan Muscab VI
Ridwan Kamil Resmikan Gedung NU Cianjur


Munajat menambahkan, pihaknya juga akan mengevaluasi distribusi blanko e-KTP. Kedepannya blanko e-KTP akan didistribusikan ke tujuh wilayah tersebut.

"Misalnya dari tujuh wilayah ini mewakili empat kecamatan, kita data berapa jumlah penduduk yang belum terekam dan mempunyai e-KTP. Sehingga kita bisa proyeksikan tiap tahunnya berdasarkan kebutuhan masing-masing Kecamatan," kata Munajat.

"Beberapa langkah ini mudah-mudahan bisa meminimalisir masalah di masyarakat yang ingin mendapatkan akte atau ktp, sehingga kemudian nanti di tahun ini semua bisa berjalan dengan optimal," kata Munajat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 821/473/SJ tentang Persetujuan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur, Plt. Bupati Cianjur secara hukum diperbolehkan melantik pejabat struktural di lingkungan Pemkab Cianjur. [KC.08]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, M Fikri, Eris Risdianto, Muhammad Nasrul, Arsy, Intan Permatasari | Produksi TV : Nurholis Mahmud, Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Cianjur 089698682683. | CV. MEDIA INFORMA : Direktur utama : Sari Yulianti | Komisaris : Imam Misbah | YAYASAN KABAR CIANJUR | Dewan Pembina : Sari Yulianti | Ketua Umum : Asep Moh. Muhsin, Sekretaris : B Mustofa, Bendahara : Siti Solihah Nurhalimah

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.